Sewa rumah adalah solusi lebih baik dibanding beli rumah?

Sewa Rumah

Antara beli dan sewa, banyak yang beranggapan bahwa beli rumah lebih baik daripada terus menerus sewa rumah. Padahal, tidak selamanya begitu, loh.

Dilansir dari Forbes.com, berikut alasan sewa rumah merupakan pilihan yang lebih bijak daripada membeli.

1. Penyewa tidak perlu membayar biaya perbaikan

Saat ada bagian rumah yang rusak, penyewa selalu menghubungi pemilik rumah untuk melakukan perbaikan. Mulai dari atap yang rusak, pipa air yang bocor, yang menanggung adalah pemilik rumah. Rata-rata, biaya perbaikan dan perawatan rumah per tahun yang diperlukan sekitar 2-4% dari nilai rumah. Keuntungan menjadi penyewa, kalian terbebas dari tanggung jawab tersebut.

2. Penyewa tidak perlu membeli perabotan

Banyak unit rumah atau apartemen yang kini dilengkapi dengan perabotan sehingga penyewa dapat langsung menghuni. Biasanya, pemilik unit berinvestasi pada perabotan yang berkualitas agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Di sini untungnya penyewa, dapat menikmati barang-barang aau perabotan yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan, maupun pusing membeli sendiri.

3. Penyewa tidak “mengikat” uang mereka

Opsi pembiayaan dengan KPR sekalipun mewajibkan pembeli untuk menyiapkan uang muka atau platfon yang tidak kecil, biasanya 20% dari harga jual rumah. Dengan menyewa, kalian cukup membayar deposit sebagai jaminan yang sifatnya refundable saat masa sewa habis. Kalian tidak perlu “menyerahkan” sejumlah dana yang besar, lalu terikat pada komitmen pelunasan yang bertahun-tahun lamanya. Kalian dapat dengan bebas mendiversifikasi atau menginvestasi dana tersebut ke instrumen lain yang memiliki perputaran uang yang lebih cepat.

4. Penyewa memiliki daya saing yang lebih tinggi di tempat kerja

Dengan menyewa artinya kalian tidak terikat pada satu tempat dan memiliki fleksibilitas serta mobilitas yang lebih tinggi dibandingkan orang yang memiliki tanggung jawab rumah. Kalian tidak perlu memusingkan jarak tempuh yang jauh dari rumah karena selalu dapat menyesuaikan tempat tinggal dengan tempat kerja. Mobilitas yang tinggi dapat meningkatkan daya saing kalian di mata bos.