7 Tips Dapur Simple untuk Aktivitas Masak Kamu!

Modern Kitchen

Di masa stay at home sebagai anjuran selama pandemi Covid-19, aktivitas memasak di dapur menjadi hobi baru karena menjadi terapi kebosanan. Tidak jarang, banyak sekali tips dapur dan tips masak yang sangat berguna bagi para pemula. Berikut adalah tujuh tips dapur simple atau kitchen hacks yang dapat digunakan sebagai solusi aktivitas memasak kamu di dapur.

1. Cegah Buih Berlebih Dengan Sendok Kayu

Boiling Water & Wooden Spoon
Sumber: Pinterest.com

Bayangkan jika kamu sedang asyik memasak sup dan mendidih hingga berbuih hingga tumpah meluber dari panci, namun coba untuk tenang dan jangan panik! Salah satu tips sederhana yang bisa kamu praktikan, coba letakan spatula atau sendok panjang berbahan kayu di atas panci. Sebagai hasilnya, tips ini akan membuat buih tidak akan meluber tumpah keluar panci.

2. Menghangatkan Kain Lap Sebagai Solusi Hilangkan Bau Tidak Sedap Microwave

Lap Dapur
Sumber: delish.com

Di era modern saat ini, microwave menjadi salah satu alat yang mudah ditemui di dapur rumah sebagai alat penghangat makanan yang praktis. Terkadang, microwave yang sering digunakan menimbulkan bau tidak sedap bahkan amis. Kamu bisa menghilangkan bau tidak sedap dengan memanaskan lap di dalamnya. Caranya adalah basahi lap dengan sabun cuci lalu panaskan di microwave selama beberapa menit. Lalu biarkan lap tersebut di dalam microwave kurang lebih 30 menit. Bersihkan bagian dalamnya dengan cara mengelap dengan kain tersebut. Hilang deh aroma amis yang sebelumnya menyengat.

3. Kurangi Aroma Tupperware dengan Koran

Container Tupperware Kedap Udara
Sumber: delish.com

Selanjutnya untuk membuat bau Tupperware atau aroma kurang sedap lainnya, sebelum ditempatkan pada wadah lapisi dulu bawahnya menggunakan kertas koran. Dengan begitu, tidak akan ada aroma-aroma kurang sedap. Jangan lupa mencuci sayur atau bahan secara bersih jika akan dimasak. 

4. Cuci Sayuran di Dishwasher Dapur

Dishwaser Cuci Piring
Sumber: Pinterest.com

Tidak hanya sebagai dekorasi rumah, dishwasher juga berfungsi untuk mencuci piring atau peralatan makan yang kotor. Tapi untuk memudahkan kegiatan membersihkan sayuran, misalnya saja kentang, wortel, ataupun ubi-ubian, kamu bisa memasukkannya ke dalam dishwasher. Pastikan tidak ada sabun di dishwasher ya.

5. Gunakan Alkohol untuk Bersihkan Peralata Stainless Steel

Kamu memiliki masalah saat membersihkan barang-barang yang terbuat dari stainless steel? Bisa menggunakan alkohol loh ternyata. Teteskan alkohol ke kapas lalu bersihkan benda-benda terbuat dari stainless steel secara menyeluruh.

6. Taburkan Garam untuk Membersihkan Telur

Jika kamu tidak sengaja memecahkan telur di dapur, taburkan garam untuk membersihkannya. Tentu saja sebelumnya sudah dilap terlebih dahulu, lalu sisa-sisanya tinggal diberi garam. Dengan cara ini telur akan lebih mudah dibersihkan.

7. Bersihkan Peralatan Dapur Berbahan Tembaga dengan Saus Tomat

Sumber: homedepot.com

Ingin peralatan tembaga jadi terlihat baru? Kamu bisa mengolesinya secara merata dengan saus tomat. Biarkan beberapa saat, bersihkan menyeluruh. Voila… peralatan tembaga akan nampak seperti baru kembali.

Itulah beberapa kitchen hacks yang bisa kamu lakukan di dapurmu sendiri. Masak dan bersih-bersih sesudahnya bukan lagi pekerjaan yang berat ya. Temukan tips rumah lainnya di Home Lab by Mega Build series, Home Lab akan menampilkan berbagai produk dari brand ternama dari industri building materials, design interior dan exterior serta rumah tinggal, ekslusif selama satu bulan. Jangan sampai terlewat ya!

Sumber: meramuda.com dan delish.com